Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Manfaat Membangun Jaringan Komputer

Manfaat Membangun Jaringan Komputer - Dalam arti yang lebih luas jaringan komputer ialah kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi bagus itu host, server, client, switch, hub, modem, repeater, access point dan lain-lain yang saling terhubung satu sama lain sehingga antar host dapat saling bertukar kabar dan data. Pada istilah ini jaringan telah benar-benar luas sebab dapat meliputi banyak komputer/host di beraneka negara.

Jaringan Komputer ialah relasi antara 2 komputer atau lebih yang saling bertukar kabar dan data. Dengan adanya jaringan komputer akan mempermudah perpindahan data dan kabar dari satu komputer ke komputer lain sehingga administrator dan user tak perlu lagi bermigrasi dari satu komputer ke komputer lain untuk memindahkan data atau mengcopy data.

Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat Membangun Jaringan Komputer - Pensilajaib.com
Manfaat Membangun Jaringan Komputer












Manfaat jaringan komputer yang pertama ialah mempermudah pertukaran data dan kabar sehingga kabar bisa dengan pesat dikirim dan diterima oleh banyak orang diseluruh dunia. Berikut ialah manfaat dibangunya jaringan komputer:

1. Jaringan komputer akan mempermudah pertukaran file dan kabar diseluruh dunia, mengirim pesan, info dan kabar.

2. Jaringan komputer bisa mengerjakan pengiriman pesan dan kabar dengan benar-benar pesat dan efisien.

3. Jaringan komputer mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia meski lokasinya benar-benar jauh.

4. Jaringan komputer mempermudah kita untuk mencari kabar dari kejadian diseluruh dunia via dunia maya.

5. Jaringan komputer akan mempermudah kita untuk bisa memakai perangkat secara bersama-sama, bagus itu perangkat utama (hardisk, dsb) dan perangkat peripheral (printer dan scan).

Sistem Membangun Jaringan Komputer

Untuk membangun jaringan komputer, khususnya dulu kita seharusnya mengidentifikasi keperluan yang akan kita pakai, apakah kita cuma membikin jaringan lokal atau terkoneksi dengan dunia maya sebab tentunya akan memerlukan alat dan bahan yang berbeda. Pada kans kali ini aku akan membahas membikin jaringan komputer paling simpel dimana minimal ada 2 komputer atau lebih yang dapat terhubung ke jaringan komputer. berikut ialah langkah-langkah untuk membikin jaringan komputer:

1. Mempertimbangkan Topologi Jaringan Komputer
Topologi jaringan dapat diistilahkan juga sebagai rancangan dari desain jaringan. Dengan memutuskan topologi jaringan khususnya dulu akan mempermudah kita untuk mengkaji keperluan alat dan bahan yang akan dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer. Pada topologi ini yang akan kita bangun ialah 3 komputer yang saling terhubung dengan switch. sehingga secara teori topologi jaringan yang kita pakai ialah topologi star.

Manfaat Membangun Jaringan Komputer - pensilajaib.com
Jaringan Topologi

2. Mempertimbangkan alat dan bahan membikin jaringan Komputer
Berikut ialah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membikin jaringan komputer pantas dengan topologi jaringan yang ada diatas.
  • Komputer yaitu host yang diterapkan sebagai alat komunikasi dan pengolah data dimana pengguna akan dapat bertukan kabar via komputer hal yang demikian
  • Switch ialah pembagi jaringan yang akan terhubung ke komputer host sehingga switch ini memiliki peran benar-benar penting dalam jaringan komputer.
  • Kabel jaringan berfungsi untuk mengaitkan antara switch dengan komputer host. Kabel yang diterapkan pada jaringan ini ialah kabel UTP dengan teladan straight
  • Konektor RJ 45 diterapkan untuk mengaitkan kabel dengan port RJ 45 yang ada pada komputer.
  • Tang Krimping berfungsi untuk krimping kabel dengan konektor RJ 45
  • LAN Tester berfungsi untuk mengerjakan pengecekan kepada koneksi kabel
3. Prosedur Kerja
  • Langkah pertama yang seharusnya dilaksanakan ialah memutuskan letak dari switch dan komputer sebab nanti akan berdampak pada panjang pendeknya kabel yang akan diterapkan.
  • Berikutnya ialah potong kabel pantas dengan ukuran yang diperlukan. Sebab nanti segala komputer akan terhubung ke switch karenanya pastikan letak switch dapat dijangkau oleh segala komputer.
  • Langkah ketiga ialah kriping kabel dan konektor meggunakan tang krimping. Pastikan urutan kabel telah benar ialah straight yang artinya antara ujung kabel 1 dan ujung kabel satunya memiliki urutan yang sama.
  • Cek koneksi kabel dengan LAN Tester
  • Berikutnya hubungkan kabel ke komputer dan switch sehingga komputer dapat saling terhubung.
  • Kasih Ip Address pada komputer dengan network yang sama. Semisal: komputer 1: IP - 192.168.1.2 netmask - 255.255.255.0, Komputer 2: IP - 192.168.1.3 netmask - 255.255.255.0
  • Kemudian cek koneksi jaringan dengan mengerjakan ping ke domisili host yang dituju.

0 komentar